-

Pulpen Jatuh Penyebab Sering Macet, Ini Cara agar Bisa Digunakan Lagi

Pulpen Jatuh Penyebab Sering Macet, Ini Cara agar Bisa Digunakan Lagi
Pulpen jatuh merupakan hal yang sangat wajar dan seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi para pelajar. Seperti alat tulis lainnya, pulpen adalah salah satu alat tulis yang selalu dipakai untuk menulis di sekolah.Tak selalu lancar dan enak digunakan, pulpen sering mengalami macet yang disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu hal yang menyebabkan pulpen bisa macet dan tidak nyaman dipakai adalah karena pulpen tersebut pernah jatuh.

Cara Mengatasi Pulpen Macet Karena Jatuh

Pulpen macet karena jatuh sudah menjadi hal biasa bagi para pelajar. Sehingga kebanyakan pelajar yang memilih membeli pulpen baru sebagai alternatif simpelnya daripada memperbaikinya.Jika dibiarkan macet, tentu tinta pulpen tidak bisa keluar dan digunakan lagi sehingga harus diperbaiki terlebih dulu. Berikut terdapat beberapa cara mengatasi pulpen macet akibat jatuh, yaitu sebagai berikut:

1. Ketukkan Ujung Pulpen

Tak jarang pulpen jatuh akan mempengaruhi kinerja ujung pulpen yang bermasalah saat digunakan. Untuk itu, terdapat cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasi hal ini.Hanya dengan mengetukkan ujung pulpen pada permukaan keras seperti meja sudah bisa memperbaiki pulpen yang macet. Jika ingin melakukan cara ini, jangan lupa untuk memberi alas selembar kertas yang bertujuan agar tinta pulpen tidak mengotori meja.

2. Goreskan pada Kaca

Selain mengetukkan ujung pulpen, Anda juga dapat menggoreskan ujung pulpen pada aluminium, kaca, atau benda-benda yang memiliki permukaan keras dan licin.Lakukan goresan beberapa kali sampai tinta pulpen beluar dan tidak macet lagi saat digunakan.

3. Goreskan pada Penghapus

Selain menggoreskan ujungnya pada benda permukaan licin, cobalah untuk menggoreskan pulpen pada penghapus atau benda-benda yang berbahan karet lainnya. Lakukan cara ini secara menerus sampai tinta pulpen bisa keluar seperti sediakala.Pada umumnya, permukaan karet ini mampu untuk memancing keluarnya tinta pada pulpen. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba menggoreskannya pada penghapus. Jika berhasil, tentu pulpen bisa kembali digunakan dengan lancar.

4. Goreskan pada Ujung Spidol Permanen

Untuk bisa memancing pulpen yang sering macet akibat jatuh, bisa digoreskan pada ujung spidol permanen. Sebab pada spidol permanen mengandung bahan pelarut yang cukup kuat. Dengan cara menggoreskan ujung pulpen yang macet ke spidol permanen, maka tinta pulpen yang semula kering dapat larut dan keluar lagi sehingga bisa digunakan kembali.

5. Celupkan Ke Alkohol

Alkohol pada umumnya bisa digunakan untuk membantu melarutkan tinta yang kering akaibat tersumbat di ujung pulpen. Sehingga tidak ada salahnya mencoba untuk mencelupkan ujung pulpen ke dalam alkohol.Agar pulpen tidak rusak, hanya ujung pulpennya saja yang perlu dicelupkan. Jika sudah dicelupkan beberapa saat, coba tes dengan menggoreskan secara berulang sampai tinta benar-benar bisa keluar. Banyak orang yang telah mencoba cara mengatasi pulpen macet ini dan kebanyakan berhasil.

6. Panaskan Ujung Pulpen

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengatasi pulpen macet akibat jatuh ini dengan memanaskan ujung pulpennya. Adapun caranya, yaitu buka pulpen dan keluarkan tabung tintanya. Kemudian arahkan ujung pulpen yang terbuat dari besi ke pemantik api kecil.Tapi ketika memanaskannya jangan terlalu lama agar bagian tabung tinta yang berbahan plastik ini tidak ikut kebakar.
Tapi jika sudah mencoba ke 6 cara mengatasi pulpen macet di atas namun masih tidak berhasil, maka bisa membeli baru untuk mengganti pulpen jatuh dan rusak tersebut di Tokojadi
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007