-

Kertas Continuous Form 2 Ply Gunanya Apa Sih?

Kertas Continuous Form 2 Ply Gunanya Apa Sih?
Kertas continuous form 2 ply merupakan kertas dengan bahan karbon yang terdiri dari dua bagian. Terdapat beberapa jenis kertas continuous yang membedakan hanyalah lapisannya saja. Umumnya terdapat bagian top, middle dan bottom.
Kertas jenis ini bertujuan agar sekali cetak nantinya akan ada salinan sehingga tidak perlu mencetak lagi. Kertas ini banyak dipakai untuk berbagai kegiatan pencatatan barang masuk dan keluar. Hal ini berguna untuk kepraktisan dan efisiens.

Apa Itu Kertas Continuous Form

Kertas continuous form adalah kertas yang tersebut terbuat dari kertas berbahan NCR (Non-Carbon Required). Kertas continuous form 2 ply tidak perlu mencetak berlembar-lembar untuk kebutuhan arsip. Ada tiga bagian pada kertas continuous form.Untuk kertas 2 ply maka akan memiliki dua bagian saja, yakni top dan bottom. Kertas tersebut bisa dipakai untuk printer Dot Matrix. Bagian kedua samping kertas memiliki lubang yang bisa dipakai untuk mengarsipkan kertas tersebut.
Kertas continuous form ini memiliki ukuran yang bervariasi, umumnya mulai 50-55 gms sampai dengan ukuran HVS. Continuous Form ini berbentuk kertas panjang yang menyambung, sehingga lebih praktis untuk dipakai urusan mencatat transaksi atau barang.

Ukuran Kertas Continuous Form

Ukuran kertas continuous memiliki ukuran yang cukup beragam. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yakni mulai 50-55 gms sampai ukuran HVS (60-80 gsm). Umumnya ada ukuran yang kerap dipakai, yakni:
  1. Kertas Continuous Form K 1 Ply ukuran 9 ½ inchi x 11.
  2. Kertas Continuous Form K 2 Ply ukuran 9 ½ inchi x 11.
  3. Kertas Continuous Form K 3 Ply ukuran 9 ½ inchi x 11.
  4. Kertas Continuous Form K 4 Ply ukuran 9 ½ inchi x 11.
  5. Kertas Continuous Form K 5 Ply ukuran 9 ½ inchi x 11.
Selain merk MultiOffice dapat bisa juga memakai merk Paperline Continuous. Keduanya sama-sama memiliki kualitas yang bagus. Dan, semua ini tergantung kesukaan dari pengguna.

Fungsi Kertas Continuous Form

Tanpa disadari kertas continuous form akan sangat berguna bagi keperluan perkantoran maupun kebutuhan bisnis. Harga kertas tersebut pada tiap toko juga bervariatif. Namun di https://tokojadi.net/ sekitar Rp 137.000 hingga Rp 531.000.Sangat terjangkau bukan? Dengan mempertimbangkan fungsi dari kertas continuous form, yakni:

1. Sebagai Bukti Penerimaan dan Bukti Pengeluaran

Karena kertas tersebut sangat praktis, tidak perlu lagi mencetak banyak untuk membuat arsip. Arsip tersebut digunakan sebagai bukti penerimaan atau bukti pengeluaran uang atau barang. Kepraktisan ini membuat kertas continuous form sangat efektif.

2. Sebagai Faktur Penjualan

Kertas continuous form 2 ply berguna sebagai bentuk faktur dari penjualan sebuah pabrik maupun toko kecil. Jenis kertas ini memudahkan kasir atau petugas pencatat barang dalam membuat bukti penjualan. Sehingga ada bukti apabila terdapat barang yang kurang.

3. Sebagai Surat Jalan

Karena surat jalan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk petugas mengirim barang. Maka kertas ini dapat pula digunakan untuk bentuk surat jalan dengan beberapa salinan. Surat salinan nantinya akan dipegang perusahaan dan pihak pengirim.

4. Sebagai Bukti Nota Penjualan

Seperti yang diketahui bahwa kertas ini memiliki beberapa salinan langsung dibelakangnya. Maka dapat difungsikan sebagai nota penjualan. Di dalamnya akan menunjukkan jumlah produk, identitas penjual, serta bukti transaksi.

5. Sebagai Slip Gaji

Kertas continuous form kerap dipakai dalam pembuatan slip gaji. Karena kertas ini memiliki salinan berlembar-lembar. Isinya berupa rincian gaji yang dibayarkan pada karyawan, dan nanti beberapa arsip akan disimpan untuk kantor.

PENUTUP

Demikian bahasan tentang kegunaan kertas continuous form 2 Ply untuk berbagai keperluan kantor dan bisnis.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007